Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Tips atur keuangan pasangan baru menikah
Ilustrai Menabung. (Getty Images)
BACALINE.COM -- Tips atur keuangan pasangan baru menikah - Ketika seseorang memutuskan menikah, mereka harus siap akan segala sesuatu yang baru. Sebab kehidupan seorang yang sudah berumah tangga dengan  seorang lajang jelaslah berbeda. Jika dulu sebelum menikah bebas keluyuran kemanapun, beli barang ini-itu sesuka hati, ketika sudah menikah kamu sudah tidak sebebas dulu lagi.

Pasalnya saat ini sudah ada pendamping hidup yang pastinya akan selalu menantimu disaat kamu pergi. Selain itu kebutuhan finansial seorang yang sudah berumah tangga juga akan jauh lebih besar dari pada sebelumnya. Oleh karena itu jika kamu tidak cukup pandai dalam mengatur keuangan, hampir pasti rumah tanggamu akan terbelit masalah ekonomi.

Nah, untuk itu berikut ini akan kami ulas beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pasangan yang baru menikah, agar rumah tangga yang dijalani bisa bahagia, aman dan sentosa, tanpa terbelit masalah ekonomi.

1. Buat Perencanaan Keuangan Anda, Untuk Jangka Waktu Tertentu

Yang pertama tentu saja kamu harus bisa merencanakan tentang keuangan. Kamu harus menargetkan hal-hal apa saja yang harus dicapai dalam beberapa tahun ke depan. Misalnya 3 tahun kedepan harus memiliki rumah, atau mobil, atau juga yang lainya.

Dengan memiliki rencana yang tertaget secara tidak langsung akan memotivasimu untuk bisa mewujudkanya. Terlepas dari terwujut tidaknya rencana tersebut, satu hal yang pasti kamu dan pasanganmu akan lebih memiliki tujuan hidup yang terarah.

2. Buatlah Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan adalah hal berikutnya yang wajib dilakukan. Dengan adanya anggaran tersebut, maka masing-masing pasangan dapat mengira-ngira berapa besar uang yang akan disisihkan untuk ditabungkan.

3. Tahan Diri dan Selalu Bedakan Antara Prioritas atau Kebutuhan

Sebagai seorang yang sudah berumah tangga, masing-masing diri harus bisa membedakan mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan kebutuhan yang hanya untuk kesenangan pribadi. Ingat sekarang sudah bukan lagi waktunya berfoya-foya.

Tidak penting lagi membeli tas baru atau baju atau juga kebutuhan lainya yang sifatnya hanya kesenangan semata. Jika memang ada uang lebih alangkah bijaknya jika kamu menabungkanya.

3. Mulai Merencanakan Usaha Mandiri

Berikutnya cobalah mulai berfikir untuk memulai membuat usaha sendiri. Sehingga pemasukanmu tidak hanya bergantung gaji dari tempat kerjamu. Tidak harus usaha dengan skala besar. Kamu bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Karena hal ini sebenarnya adalah untuk melatih jiwa entrepreneurmu guna menghadapi masa depan yang jauh lebih menantang.

4. Selalu Siapkan Dana Darurat Sebagai Antisipasi Hal-Hal di Luar Dugaan

Menyiapkan dana darurat adalah hal penting berikutnya yang mesti dilakukan oleh setiap keluarga. Siapa yang bisa menjamin bahwa selamanya kamu sehat? Meskipun sakit tidak pernah diharapkan, namun mempersiapkan segala kemungkinan tentu syah-syah saja dan memang harus demikian. Jangan sampai ketika sakit datang kamu tidak mempunyai anggaran kusus untuk berobat. Sehingga kamu akhirnya menggunakan anggaran bulanan untuk keperluan berobat. Jika yang demikian terjadi sudah pasti akan mengganggu ekonomi keluargamu.

5. Membuat Catatan Keuangan

Dan yang terakir adalah dengan membuat catatan keuangan. Catatan keuangan sangat penting keberadaanya guna mengetahui kesehatan dari sistem keuangan yang kamu terapkan. Sekecil apapun pengeluaran yang kamu lakukan wajib dicatat dalam catatan keuangan tersebut. Pastikan masing-masing dari kamu mengetahui dimana harus menemukan catatan ini.

Selain sebagai analis pengeluaran catatan keuangan juga bisa digunakan sebagai alat perbandingan pengeluaran tiap bulan.