Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Live Location WhatsApp Kini Tersedia di OS Android dan iOS
Live Location WhatsApp(WhatsApp blog)

BACALINE.COM, Jakarta - WhatsApp melengkapi layanan pesan singkatnya dengan fitur yang dinamai Live Location. Fitur itu memungkinkan pengguna membagi lokasi atau melacak perjalanan teman secara real-time dengan keluarga atau teman-teman.

Pengguna bisa memilih berbagi lokasi real-time dengan siapa dan berapa lama. Durasinya mulai dari 15 menit hingga berjam-jam, tergantung kebutuhan.

Tak perlu khawatir soal keamanan, sebab WhatsApp menjamin data-data lokasi yang dibagi memiliki enkripsi end-to-end. Lantas, bagaimana cara mengoperasikan Live Location?

“Ingin bertemu teman, membiarkan orang terkasih tahu bahwa Anda selamat, atau sekadar membagi informasi perjalanan, Live Location mengakomodirnya dengan cara simpel,” begitu tertera pada blog WhatsApp, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (18/10/2017).

Aplikasi pertemanan WhatsApp kembali memperkaya fiturnya. Kini mereka menghadirkan “Live Location”, sebuah fitur baru yang akan tersedia pada perangkat Android dan iOS.

Pengembang mengonfirmasi Live Location akan diluncurkan secara perlahan di seluruh dunia dalam beberapa pekan mendatang. Jadi fitur baru itu tidak bisa langsung digunakan oleh pengguna seluruh dunia secara serentak.

Fitur Live Location yang baru akan memungkinkan pengguna WhatsApp berbagi lokasi secara real-time dengan keluarga dan teman. Ini adalah fitur terenkripsi end-to-end yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang dibagikan dengan lokasinya dan untuk berapa lama.

Anda cukup membuka ruang chat personal atau grup tertentu di WhatsApp. Tekan tombol “attach” dan pilih opsi “Share Live Location”.

Pilih berapa lama Anda ingin membagi lokasi real-time dan tekan “send”. Jika membaginya di grup, tiap anggota bisa melihat lokasi atau melacak lokasi real-time Anda.

Anggota-anggota lain juga bisa membagi lokasi real-time mereka pada saat bersamaan. WhatsApp akan menyodorkan lokasi-lokasi tersebut pada satu antarmuka peta digital.

Fitur ini sejatinya bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya Google Maps sudah lebih dulu menghadirkan fitur serupa dengan mekanisme yang sama.

Live Location di WhatsApp sendiri sudah mulai disebar hari ini untuk segelintir orang. Pengguna secara keseluruhan, baik pengguna iOS maupun Android, dijanjikan kebagian dalam beberapa minggu ke depan.