Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here
Kopi Joss yang di Sajikan dengan Bara Arang

BACALINE , JAKARTA -  Kopi Joss adalah jenis penyajian kopi yang diseduh dengan air panas dan dimasukan bongkahan arang panas yang berwarna merah. Jenis penyajian ini memang unik, namun menghasilkan cita rasa yang khas pada kopi tersebut. Kopi Joss ini sangat terkenal di Yogyakarta dan menjadi salah satu minuman yang dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Pak Alex, seorang pedagang angkringan di Yogyakarta, menyajikan kopi yang diberi nama ‘Kopi Joss’. Sebenarnya kopi ini tidak berbeda dengan kopi tubruk lainnya, yaitu kopi dan gula yang diseduh dengan air panas.

Nah, perbedaannya, Pak Alex menambahkan sepotong arang yang masih merah membara ke dalam gelas kopi tersebut. Arang panas itu menimbulkan buih di dalam gelas saat terkena air kopi.Bila arangnya telah mendingin, keluarkan arang dari gelas kopi. Anda pun bisa menikmati kopi tubruk itu.
Pak Alex bercerita, Kopi Joss yang dijualnya berawal dari tahun 1960-an. Pada masa itu ada penjual kopi bernama Pak Man.
Ia memiliki masalah pencernaan. Biasanya saat menjual kopi, Pak Man merebus air untuk menyeduh kopi dengan menggunakan tungku dan arang.

Suatu hari ketika sedang membuat kopi, tiba-tiba saja Pak Man terbetik ide untuk menambahkan sepotong arang ke dalam kopinya. Ia berpikir siapa tahu arang ini bisa membantunya dalam mengatasi masalah pencernaan. Ternyata ‘resep’ kopi itu bekerja dengan baik.
Sejak itu Pak Man mulai menjual kopi tubruk yang diberi sepotong arang.

Ia juga mendorong pelanggannya untuk mencoba kopi ciptaanya itu. Kini Pak Man telah meninggal. Namun, cara menjual kopi dengan tambahan arang ini diteruskan oleh Pak Alex. Kopi ini pun menjadi salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

penyajian Kopi joss
Pak Alex mengklaim bahwa kopi tubruk dengan arang ini bisa membantu meringankan rasa kembung, mual, perut panas, atau diare.  Pernah ada seorang mahasiswa setempat yang sering minum kopi buatan Pak Alex ini menganalisa kopi joss. Ia menemukan bahwa kopi joss lebih rendah kafein dibandingkan kopi sejenis.

Alasannya, kafein dalam kopi joss telah terserap oleh arang yang membara itu. Bahan khusus ini juga menetralkan zat asam pada kopi yang membuat kopi lebih diterima oleh perut peminumnya.