Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
advertise here


BACALINE , JAKARTA - Makanan yang masih segar memiliki nutrisi yang lebih banyak dan juga nutrisi yang terkandung masih utuh.

Sebagai orang Indonesia tentu tidak lengkap rasanya jika makan tanpa adanya sambal atau rasa pedas. Anda tentu sudah tidak asing jika orang tua atau dokter melarang Anda mengkosumsi terlalu banyak sambal atau makanan pedas karena dapat menyebabkan lambung menjadi sakit. Sebenarnya ketika Anda makan pedas sesuai dengan takaran yang pas maka Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari makanan pedas itu sendiri. Karena memang rasa pedas yang dihasilan oleh cabai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain membuat nafsu makan bertambah ternyata rasa pedas pada cabai mampu membuat Anda memiliki umur yang lebih panjang.

Untuk mendapatkan manfaatnya tentu Anda harus mengkonsumsi makanan pedas yang masih segar dan juga dimasak dengan baik. Daripada memilih saos sambal atau sambal instan Anda bisa memilih cabe merah segar lalu memasaknya. Makanan yang masih segar memiliki nutrisi yang lebih banyak dan juga nutrisi yang terkandung masih utuh.  Hal ini juga berlaku untuk cabai.

Cabai  sendiri memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang kaya, kandungan vitamin A dan C inilah yang akan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin A dan C berguna untuk memperkuat dinding otot pada jantung.  Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang suka mengkonsumsi makanan pedas memiliki kesempatan hidup 14 % lebih lama jika dibandingkan dengan orang yang tidak suka mengkonsumsi makanan pedas. Tentunya makanan pedas disini tidak hanya asal pedas saja tetapi juga harus berasal dari makanan yang masihs egar termasuk cabai yang digunakan untuk memasak.

Selain kandungan vitamin A dann vitamin C, cabe juga mengandung capsaicin yang mana bagus untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Ditambah lagi kandungan vitamin A dan C yang dimiliki oleh cabe juga sangat baik sebagai sumber pertahanan tubuh terhadap patogen atau mikroorganisme parasit. Bahkan warna merag pada cabai merupakan salah satu sinyal bahwa cabai memiliki kandungan beta karoten yang kaya.


Capsaicin sendiri memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Dengan adanya capsaicin maka pembekuan darah dapat dicegah. Selain itu capsaicin juga baik untuk mengatasi masalah sirkulasi yang terjadi dalam darah serta menjaga kinerja jantung. Dengan begitu Anda akan terhindar dari serangan jantung yang membahayakan. Selain itu dengan mengkonsumsi cabe sesuai dengan takaran Anda juga membantu pencernaan lebih sehat. Karena penelitian juga membuktikan bahwa rasa pedas yang dihasilan oleh cabai mampu membunuh bakteri penyebab tukak lambung serta memicu adanya fungsi peristaltik usus.

Kandungan capsaicin pada cabai juga mampu merangsang mikroorganisme baik sehingga metabolisme tubuh akan lancar dan penyerapan nutrisi makanan juga bekerja dengan baik. Meskipun cabai sangat baik untuk kesehatan Anda harus memiliki batasan dalam mengkonsumsinya agar tidak sakit perut.